ANIMASI
TRADISIONAL
Animasi
Tradisional adalah Animasi yang digambar tangan tiap frame nya untuk proses
pembuatan/ penciptaannya, dan untuk penyajian bisa dengan menggunakan bantuan
mesin. Di sini, yang dimaksud dengan menggunakan bantuan mesin, adalah dengan
penayangan animasi tradisional yang menggunakan proyektor khusus. Dan sebelum
berkembangnya teknologi animasi komputer, semua animasi tradisional dibuat
dengan tangan. Misalnya Setiap satu animasi memerlukan sekitar 20 frame dan
diperlukan waktu serta tenaga yang besar untuk menghasilkan sebuah animasi yang
lengkap. Animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian
di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak.

Disebut
dengan animasi tradisional karena animasi ini memiliki teknik yang digunakan
saat pertama kali film animasi itu bermunculan. Untuk menciptakan ilusi
gerakan, setiap gambar harus sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Caranya
dengan menjiplak gambar yang dibuat animator di kertas transparan yang disebut
cels. Kemudian gambarnya diisi dengan cat dalam warna yang berbeda dan juga
warna shading yang beda. Nanti gambar karakter yang sudah di gambar di cel, di
foto satu per satu dalam filem yang latar belakangnya sudah di cat. Animasi
Tradisional juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya
dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan
transparansi OHP yang sering digunakan. Pada pembuatan animasi tradisional,
setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel.
![]() |
Contoh gambar proses gerakan berjalan pada animasi tradisional |
Lebih
dalam lagi pengertian cel animation atau animasi cel merupakan
lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel merupakan
bagian yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga buah animasi cel,
cel pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi animasi karakter
lain, dan cel terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini akan
disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan,
terlihat seperti satu kesatuan.
Animasi
tradisional proses pembuatan gambar dikerjakan secara manual atau dengan tangan
dan untuk proses pergerakkannya memakai banyak frame jadi setiap satu animasi
memerlukan sekitar 20 frame dan diperlukan waktu serta tenaga yang besar untuk
menghasilkan sebuah animasi yang lengkap. Animasi ini dibuat dari
berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-”putar” sehingga muncul efek
gambar bergerak. Gambar pertama dipaparkan pada screne. Kemudian gambar kedua
yang mungkin lebih kecil atau berukuran sama dengan gambar pertama ditumpuk
pada gambar pertama. Proses ini diulang beberapa kali, setiap kali gambar yang
baru menunjukkan sedikit perubahan. Sekiranya proses ini diulang-ulang, ia
kelihatannya seperti bergerak.
Contoh Animasi Tradisional
Animasi
Tradisional :


Animasi Tradisional
yang sudah menggunakan bantuan komputer :


Latar Belakang
Animasi
telah dibuat pada tahun 1919 pertamakalinya di negara Amerika. Teknik pembuatan
animasi pada jaman dahulu tidak menggunakan komputer. Teknik animasi nya
adalah seorang animator menciptakan suatu rangkaian bagian kasar yang akan
difilmkan dalam gambar-gambar menggunakan pinsel perframenya. Kemudian
gambar dipindahkan pada lembar seprai seluloid, dengan asam cuka sel. Setelah
terbentuk gambar yang tebal gambar diperhalus dengan tinta acetante-adhenting
tinta yang digunakan pada jaman itu.Setelah gambar desain sempurna, seorang
pelukis memberikan warna dengan cat vinil. Untuk proses animasinya,
gambar-gambar tersebut dishooting secara cepat oleh kamera sesuai dengan
kecepatan framenya/detiknya. Contoh animasi klasik Mickey mouse karya Walt
Disney.
TIPE ANIMASI TRADISIONAL
Cel
animation


•
Berdasarkan pada perubahan yang terjadi dari satu frame ke frame berikutnya.
•
Digambar pada celluloid sheets (sehingga dinamakan Cel animation)
yang sekarang
oleh Bina Nusantara digantikan oleh layer-layer digital.
Stop
Animation

Yaitu animasi yang
dibuat dengan cara menghidupkan urutan still image (gambar tidak bergerak) atau
memfilmkan susunan gambar untuk menciptakan rangkaian gerakan ilusi.
Animasi itu dibentuk dari gambar-gambar yang dibuat secara grafis yang kemudian
digerakkan.
BEBERAPA JENIS ANIMASI TRADISIONAL
ANIMASI FLASH
Salah
satu jenis akhir animasi komputer adalah Flash animasi. Animasi Flash
diberi nama untuk program Flash dari Adobe yang mereka diproduksi, meskipun
saat ini ada program lain yang juga memungkinkan animator untuk menciptakan
“flash” animasi. Meskipun keterbatasan dalam hal gerakan dan gaya, Flash
murah untuk memproduksi dan karena itu semakin meningkat
popularitasnya. Animasi Flash sering digunakan dalam iklan dan umum
sebagai konten video di situs Web.
MOTION CAPTURE
Motion
capture adalah jenis animasi komputer yang telah memperoleh banyak minat dalam
beberapa tahun terakhir. Ini bergantung pada sensor kecil yang ditempatkan
pada pelaku di berbagai titik di sekitar tubuh mereka. Para aktor
melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan sensor
dan melacak gerakan mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke
komputer-tokoh yang dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama
seperti aktor lakukan.
Motion
capture signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara tradisional
pembuatan film metode dan teknologi baru. Gerak menangkap pertunjukan
sering dibahas dalam hal realisme mereka atau emosi, seperti live-action
pertunjukan akan. Beberapa contoh dari motion capture termasuk Gollum di
“Lord of the Rings” film, versi 2005 dari “King” dan seluruh pemain tahun 2007
“Beowulf.”
CGI COMPOSITING
Animasi
komputer juga digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari film
animasi. Sejak hari-hari awal bioskop, unsur-unsur animasi telah
ditambahkan ke gambar difoto. Unsur-unsur lain, seperti model atau latar
belakang dicat, juga digunakan dan harus susah payah dipasangkan dengan rekaman
live-action. Ini melibatkan proses optik panjang di mana berbagai elemen
yang kembali difoto beberapa kali agar dapat composited bersama menjadi satu
gambar. Karena kompleksitas proses, efek khusus yang mahal dan jarang
digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film yang paling tinggi
dibiayai.
KOMPUTER ASSIST.
Beberapa
contoh pertama dari animasi komputer komersial secara tradisional ditarik urutan
animasi yang menggunakan bantuan komputer. Ini bisa dalam bentuk komputer
memproduksi “di-perantara” atau gambar yang menghubungkan dua input yang sama
gambar oleh seniman (sehingga memungkinkan seniman untuk menggambar gambar
individu lebih sedikit). Komputer animasi dibantu pertama kali digunakan
dalam sebuah film animasi di “The Mouse Detective Besar” Disney pada tahun
1986. Sebuah adegan dalam film berlangsung dalam jam, dan roda gigi
mekanik kompleks benar-benar diberikan dalam komputer sebagai kawat-frame
grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka bersatu dengan unsur-unsur
lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan oleh Disney dalam film kemudian
seperti “Beauty and the Beast” (1991), “Pocahontas” (1995) dan “Tarzan” (1999)
untuk mereproduksi halus, gerak yang kompleks dalam gaya, tradisional dua
dimensi animasi.
CARA KERJA ANIMASI TRADISIONAL
Cara
kerja animasi tradisional menggunakan antara lain Papan cerita Rekaman
suara, Animatik, Reka bentuk dan pemasaan, Susun
atur, Animasi, Latar belakang, Lukis warna dan kamera, Lukis
warna digital, Komputer dan kamera video digital. Terdapat beberapa
teknik yang biasa digunakan untuk membantu di dalam proses pembuatan animasi
secara tradisional, diantaranya :
1.
Keyframes
2.
Animasi Sel
3.
Page Flipping
4.
Onion Skinning
CARA KERJA THAUMATROPE & ZOETROPE
Cara
kerja Thaumatrope ini adalah dengan memutar cepat kepingan tersebut, sehingga
dapat memunculkan gabungan dari kedua gambar yang ada di setiap sisi keping
menjadi satu.
Thaumatrope
itu kerjanya hampir sama dengan Flip Book ,yaitu :
1.
Mengambil 2 buah kertas yang berbentuk Lingkaran
2.
Mengambil 2 buah karet
3.
Memberi gambar dan
4.
Memutarnya.
Dibawah
ini merupakan contoh dari Cara Kerja Thaumatrope
Pada
sekitar bagian tepi dalam silinder, terdapat serangkaian gambar pada sisi yang
berlawanan arah dengan celah vertikal. Setelah silinder diputar, akan terlihat
ilusi gerakan yang terlihat dari celah vertikal tersebut. Zoetrope ditemukan
oleh William George Horner.
Dibawah
ini merupakan contoh dari Cara Kerja Zoetrope
Thaumatrope

Terdiri
dari disk atau kartu yang pada kedua sisinya dibuat gambar yang
berkesinambungan dan diikat tali/benang di tepi nya. Saat tali/benang tersebut
ditarik, maka akan terlihat ilusi dari 2 gambar tersebut menjadi 1 gambar baru
yang merupakan kombinasi dari kedua gambar tersebut.
Gambar
cara kerja :
Zoetrope

Zoetrope
terdiri dari sebuah silinder dengan potongan celah secara vertikal di sisinya.
Di permukaan bagian dalam dari silinder terdapat band dengan satu set gambar
yang berurutan. Dengan berputarnya silinder, pengguna melihat gambar melalui
celah di seberang. Scanning pada celah membuat gambar blur, dan pengguna akan
melihat serangkaian gambar cepat, yang alhirnya menghasilkan ilusi gerak.
Gambar
cara kerja :

Sumber :
http://id.shvoong.com/humanities/arts/2286176-macam-macam-bentuk-animasi/#ixzz2LZair6g0
http://wikipedia.org/wiki
http://id.shvoong.com/humanities/arts/2286176-macam-macam-bentuk-animasi/#ixzz2LZair6g0